Tuesday, November 22, 2011

Menemukan Yesus

Menjadi orang yang selalu sabar itu tidak mudah, namun itu adalah salah satu buah Roh yang harus ada didalam seorang murid Yesus Kristus.

Salah satu cara yang termudah adalah mengikuti contoh yang diajarkan oleh St.Theresia Lisieux yaitu menemukan Yesus dalam diri orang lain.

Bagaimana cara agar mudah dalam melakukan praktek ini?


Cara yang termudah dalam menemukan Yesus dalam diri orang lain adalah:
1. Minta bimbingan Roh Kudus dalam doa, ingatlah selalu bahwa tidak ada manusia yang baik (Luk 18:19), hanya Allah yang baik dan semua yang baik itu berasal dari Allah.
2. Latihlah selalu, mulai dari orang-orang di sekitar anda: anak,orang tua, mertua, mantu, teman kantor dsb

Seperti belajar sepeda motor, anda akan mendapatkan teorinya:
1. Masukkan kunci kontak, putar ke posisi On
2. Tekan tombol starter, gas diputar pelan dan sepeda motor jalan

Apakah anda langsung bisa mengendarai sepeda motor setelah tau teorinya? Tentu tidak kan? Kita harus latihan, latihan dan latihan.

Latihan, latihan dan latihan

Satu ketika saat saya harus menjaga anak-anak seorang diri, kesabaran saya benar-benar diuji, karna selain melayani kebutuhan anak-anak, saya juga mesti bekerja menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor. Saat itu si kecil ini lari-lari keliling rumah, tanpa baju dari kamar mandi, sehingga saya mesti mengejarnya untuk melap dan mengeringkan badannya dengan handuk... wah...capek deh rasanya badan ini.

Di saat hati ini sudah mulai mau marah...tiba-tiba Roh Kudus mengingatkan permintaan saya untuk belajar menemukan Yesus dalam diri orang lain termasuk dalam diri anak saya yang masih kecil ini.

"Ya, saya akan berusaha mengingat bahwa Yesus ada dalam diri anak ini" begitu jawab saya pada Roh Kudus. Tiba-tiba ada sukacita dalam diri saya, ada pikiran yang lucu ketika saya memperhatikan tingkah polah anak saya..."Apa ya kanak-kanak Tuhan Yesus dulu nakal seperti ini ya?" :)

Pikiran saya pun berandai-andai... seandainya ini Tuhan Yesus kecil dan bertingkah seperti anak saya yang lari ke sana dan kesini... masakan saya marah ya... dan sayapun dapat tersenyum sambil menepuk pelan pantat si kecil yang montok ini.

Roh Kudus itu penolong dan penghibur, itu benar dan sungguh nyata. Dalam hal kecil sehari-hari sungguh banyak kejutan dan kehadiranNya menghibur hati murid-murid Yesus Kristus yang lemah ini.

Mari saudaraku, kita belajar untuk bertumbuh dalam kasihNya, dengan cara menemukan Yesus dalam diri orang-orang di sekitar kita... berpikirlah positif selalu, bila tidak bisa... belajarlah untuk berpikir positif, karna itulah harga yang harus kita bayar dalam menjadi murid-muridNya dan percayalah mata Tuhan akan selalu mengamati kita untuk membantu kita di saat kita lemah, di saat kita tidak kuat dalam belajar menjalankan perintahNya.

Maz 11:4 TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia.

GBU

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.