Friday, October 5, 2012

[Dongeng] Ayam, Sapi dan Babi


Di negeri dongeng ada tiga anak binatang, yaitu anak ayam petelor, anak babi dan anak sapi perah. Ketiganya bersahabat akrab, sering bermain bersama, belajar bersama bahkan ke sekolah Minggu bersama-sama juga.




Mereka bertumbuh dalam sebuah lingkungan yang bersahabat di sebuah peternakan seorang petani yang baik hati. Tiap pagi  petani selalu datang dengan membawa sebakul penuh rumput untuk breakfast (alias sarapan pagi) si sapi, sebakul biji-bijian buat si ayam dan sebakul makanan halus untuk si babi. Tidak lupa juga sang petani selalu membersihkan kandang mereka, disapu, disiram dengan air dan disikat. Hasilnya, ketiga hewan tersebut dapat hidup nyaman dan berkelimpahan dalam peternakan si petani hingga mereka menjadi dewasa.

Suatu hari si Sapi berkata pada kedua temannya, "Bro, saya dengar petani mau punya acara besar. Ia akan mengawinkan anaknya yang paling di sayangi itu, kira-kira kita mau kasih sumbangan apa ya? Saya merasa kita mesti berbuat sesuatu nih...

Ayampun menyahut, "Iya, saya juga merasakan hal yang sama. Sudah bertahun-tahun petani bekerja keras, melindungi kita, melayani kita dan membesarkan kita. Saya juga merasa kita mesti berbuat sesuatu. Besok pagi deh saya akan berikan sesuatu deh sebagai hadiah bagi petani"

Sementara keduanya asyik bercakap, si Babi hanya diam saja. Dia seakan-akan tidak merespon ajakan itu dan tidak berbicara sepatah katapun. Namun dari dalam hatinya, ia pun tau dan sadar bahwa apa yang dikatakan teman-temannya adalah benar. Malam itu si Babi tidak dapat tidur, ia hanya membolak-balik tubuhnya saja, namun sedikitpun tidak dapat dipejamkan matanya, hingga sang mentari pagi pun datang.

Pagi itu saat si petani datang dengan membawa makanan bagi ketiganya, alangkah terkejutnya ia melihat si Ayam telah berdiri di depan pintu sambil membawa sekotak telor. "Ini telor saya sendiri, saya persembahkan buat Bapak", kata si Ayam.

Belum berucap terima kasih, si petani pun tersenyum melihat Sapi datang dan hendak menyerahkan beberapa botol yang berisi penuh susu Sapi sebagai hadiah yang tulus dari si Sapi. "Ini susu saya sendiri, saya berikan buat Bapak", kata si Sapi.

Karena tidak melihat si Babi, petani pun bertanya, "Babi mana? Babi masih tidur ya?", tanyanya sambil membuka pintu kandang si Babi. Namun alangkah kagetnya dia melihat si Babi yang sudah menjadi ham yang terbaik yang pernah ada.

Kata Babi dalam suratnya, "Pak, terima kasih sudah menjaga, merawat dan melindungi saya sejak saya masih kecil. Tidak ada yang baik dalam diri saya yang dapat saya berikan pada Bapak selain diri saya sendiri. Salam, Babi"

Moral cerita.

Membalas cinta kasih Tuhan Yesus BISA dengan memberikan uang, waktu dan kekayaan kita TANPA hati kita. Namun yang terbaik adalah memberikan seluruh keberadaan kita, yaitu uang, waktu, kekayaan DAN hati kita.

Tirulah si Babi, selalu memberikan yang terbaik bagi Tuhan Yesus Kristus.
Jadi... jika ada yang menghina/berteriak pada anda, BABI LU !

Jangan marah, jangan membalas, tapi ingatlah cerita ini...

anda bisa menjadi ham yang terbaik buat Tuhan Yesus Kristus, AMIN.




20 comments:

Anonymous said...

Yth admin....walaupun anda menyampaikan dongeng itu hanya dengan bahasa sederhana, namun makna yg terkandung sangat luar biasa. Khususnya bagi kita yg percaya kepada Tuhan kita yang hidup Yesus Kristus. Saya menjadi bangga apabila ada yg menggoda atau menghina dengan kata2 seperti yg anda tuliskan pada tulisan itu. GBU

Unknown said...

Hehehe lucu ceritanya, saya mo cerita ttg itu buat anak2 sekolah minggu saya,, thanks. Jbu

Unknown said...

Cerita yang indah.. thanks..

Unknown said...

Cerita yang sangat menginspirasi

Yika said...

ceritanya benar2 membuat saya tersentuh dan kedua anak saya juga sangat menyukai cerita ini. terima kasih admin. Tuhan memberkati. amin.

Ldj said...

Kira kira.. untuk ayat alkitab yang cocok dengan cerita ini apa ya..??

Rimon Sigalingging said...

Kalau menurut sy bisa dikaitkan dengan Roma 12:1.

Unknown said...

Dalam saat saya membacakan cerita ini buat anak2 saya..saat itu juga airmata saya Dan anak2 saya bercucuran..saya berhenti sejenak pada ayat yang menyentuh c babi mengorbankan dirinya sendiri buat tuannya..takala agama lain mengatakan bahawa babi itu haram..disaat membacakan ini saya sedar bahawa babi adalah ternakan yang paling Indah selain kucing dengan anjing..bila kucing Akan menjadi tenant buat manusia Di Kala sedih Dan duka manakala anjing untuk melindungi kita Dari kejahatan..tetapi babi menyerahkan seluruh jiwa Dan raganya untuk santapan kita..(ayam Ada telur,sapi Ada Susu..tetapi babi Ada apa..cuma dagingnya yang mampu diserahkan)..indahnya cerita ini.

Unknown said...

*tenant:teman

Anonymous said...

Babi haram

andrea metami said...

Bagus sekali....

Unknown said...

Keren dan sangat sederhana tetapi mendalam 🙏🙏🙏

Unknown said...

Makasih...saya bawakan cerita ini untuk anak anak PPA 0283,Yg saya layani.
Sungguh sangat menginspirasi.

Unknown said...

Inspiring...

Unknown said...

Anak saya jadi rewel,,

Unknown said...

Luar biasa,ceritanya sederhana tapi mempunyai makna yg dalam,bagaimana kita harus mengasihi dgn perbuatan nyata ...

Unknown said...

Luar biasa ceritanya.
Menginspirasi.

Unknown said...

Cerita yg menginspirasikan untuk guru2 sekolah minggu..GBU

Unknown said...

Bisa utk bhn cerita persekutuan anak ditempat saya ..trimakasih yaaaa

Unknown said...

trima ksh.. sangat menginspirasi..GBU

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.