Sunday, October 23, 2011

Kasihilah Tuhan Allahmu

Kemarin saat Misa Kudus, romo membawakan kotbah yang sering saya dengar yaitu tentang Tuhan Yesus yang ditanya / dijebak dengan pertanyaan oleh orang-orang Farisi... yakni orang-orang yang sangat detail dengan aturan ini boleh itu tidak boleh... yang tau hukum-hukum taurat yang jumlahnya ribuan, namun kurang dalam hal kasih.

Di dalam gereja itu seolah-olah Tuhan membuka lagi sebuah tabir, mengungkapkan satu hal yang membuat saya tersenyum dan sadar.... itu jawaban yang saya cari selama ini :)


Kasihilah Tuhan Allahmu

Semakin belajar mengenal Allah, terkadang saya juga semakin tidak mengerti akan rencanaNya dalam hidup saya.... sebenarnya yang saya tidak mengerti adalah jalanNya secara detail. Terkadang Dia menunjukkan dengan jelas, kadang juga berbicara kepada saya begitu jelas, kadang juga tidak, kadang seakan-akan membiarkan diri saya sendirian.... pusing dengan pertanyaan apakah ini berdosa atau tidak, apakah ini salah atau tidak dihadapan Tuhan dsb... intinya saya ingin hidup kudus.

Contoh:
Dosakah saya memiliki/download musik mp3 dari internet?
>> Karena saya tau, seharusnya musik hasil karya orang lain itu saya beli dalam bentuk CD di toko, cuman saya lihat orang lain juga melakukan hal ini.

Dosakah saya memakai program bajakan? 
>> Karena saya tau, hasil karya orang seharusnya saya beli di toko software, cuman saya pelit, tidak mau keluar uang, orang lain juga melakukan hal yang sama

Dosakah saya membeli DVD murah di toko eceran di mall?
>> Karena saya tau, itu DVD original yang dicopy, dibajak dan dijual dengan harga murah Rp 6.000 per keping. Originalnya pasti tidak semurah itu.... tapi saya enggan beli originalnya, selain mahal.... saya merasa itu bukan salah saya, yang jual kan itu terang-terangan.... legal kan?

Kelihatannya alasan2 saya hanya untuk menutupi sifat pelit ini deh hehehehe :) juga pengendalian diri saya mulai goyah bila ditawari ada film box office ini dan itu hehehe :)

Maka dari itu saat kemarin mendengar kotbah romo tentang intisari dari hukum-hukum taurat yang ribuan itu....diperas lagi... diperas lagi oleh Tuhan Yesus menjadi cuman 2:
  • Mat 22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
  • Mat 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Penjelasan sederhana dari romo waktu itu:
Kalo anda tidak mau dicubit... ya jangan mencubit.... itu sangat mengena bagi saya :)

Seakan-akan ada penjelasan seperti ini.....
Kalo tidak mau penghasilanmu diambil orang....ya jangan mencuri
Memakai program bajakan, membeli dvd film bajakan, menggunakan mp3 lagu bajakan adalah tindakan mencuri dan mengurangi penghasilan orang lain

Dan Roh Kudus seakan-akan meneguhkan lagi dengan mengingatkan...
"Kejar kasih, berusahalah bertumbuh... lakukan itu karena engkau mengasihi si pembuat program, si pembuat film, si pembuat lagu.... karena itu akan membuat kasihmu bertumbuh"

Wah... rasanya ringan sekali ... waktu saya taat karena takut dosa terasa lebih berat... lebih ringan ketika saya melakukan tidak membeli DVD film bajakan karena saya mengasihi yang membuat film.

Bila ternyata saya tidak bisa / sayang dengan uang untuk membeli DVD original yang mahal... maka anggaplah itu sebagai barang mahal yang belum saatnya saya beli... mungkin cukup nonton dari TV dulu :)

Mesti belajar mengasihi terus bersama dengan terang Roh Kudus di hati kita masing-masing

GBU

1 comments:

Anonymous said...

saya sering pakai software dan mp3 bajakan, tpi saya sadar saya salah. karena itu saya bertobat dan meminta pengampunan kepada bapa yang di sorga

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.