Tuesday, July 5, 2011

Apa yang kamu cari?

Pernahkan anda bertanya pada diri anda pertanyaan seperti itu? Apa sih yang saya cari dalam hidup ini? Atau... Apa sih yang kamu cari? Dan jiwa anda pun merasakan ada yang kurang dalam hidup ini, ada yang haus dalam diri saudara.

Saudara, ketahuilah itu adalah salah satu pertanyaan yang menggugah saya pribadi sebelum saya bertobat dengan sungguh-sungguh dan pertanyaan itu juga ternyata yang mengiang di telinga orang lain yang saat itu sedang di ketuk pintu hatinya oleh Roh Kudus.

Apa yang kamu cari? Begitulah suara Roh Kudus bertanya dalam diri saya dan mungkin anda juga saat ini.


Masa lalu tidak dapat diubah, masa depan masih misteri

Bila masa lalu anda adalah masa lalu yang kelam, bila kemarin adalah hari yang kelam dalam kehidupan anda... ingatlah saudaraku... masa lalu itu tidak dapat diubah, terimalah.

Bila pahit karena anda telah berdosa atau dilukai, ingatlah bahwa Petrus pun pernah mengalami hal ini ketika Yesus ditangkap dan Petrus menyangkal 3x, saat itu juga Yesus menatap wajahnya dan Petruspun menyesal. Ia keluar dari rumah ibadat itu dan menangis, namun masa lalu itu tidak dapat diubah.

Apa yang harus dilakukan? Lihatlah bagaimana Yesus datang kembali kepadanya dan meminta ikan untuk dimakan... saat itu Yesus tidak menanyakan kesalahan Petrus atau mempersalahkan Petrus, tapi Ia terus mengangkat Petrus, Yesus terus menarik Petrus untuk bangkit menerima masa lalu, berbalik dari kesalahannya dan mengikuti Tuhan Yesus dengan mengembalakan domba-dombaNya. 3x Petrus menyangkal, 3x Tuhan Yesus bertanya dan memberinya tugas, betapa Yesus juga mengasihi anda dan saya.

Masa depan tidak ada yang tau. Siapa yang tau bahwa anda besok masih hidup? Siapa yang yakin bahwa tahun depan anda masih hidup, siapa yang menetapkan? Siapa yang menentukan? Bukankah itu semua ada di tangan Tuhan Yesus?

Yoh 10:10b, Tuhan Yesus Kristus datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Saudara, fakta itu adalah Tuhan Yesus sudah datang supaya anda dan saya punya hidup, hidup dalam kelimpahan jasmani dan rohani. Bila anda masih belum mengalaminya... mari kita lakukan check dan re-check... apa yang salah dalam hidup kita.

Apa yang kamu cari? Itu adalah pertanyaan terhadap tindakan apa yang akan anda lakukan.

Tanyalah pada diri anda lebih dalam lagi, tanyalah pada jiwa anda, apa sebenarnya yang anda cari? Apakah uang? Apakah materi yang berkelimpahan? Apakah damai sejahtera? Apakah sukacita?

Saudara, pertanyaan ini mengiang dalam otak saya dan saya memutuskan untuk hening, berhenti sebentar dari kesibukan untuk mencari apa sebenarnya yang saya cari...

Sharing

Dulu saya pikir, dengan memiliki materi berlimpah untuk keluarga dan kedua anak saya adalah hal yang dapat membuat mereka bahagia. Maka saya cari itu dengan sekuat tenaga tapi seringkali malah membuat keluarga saya menangis karena saya sudah tidak punya waktu buat mereka, saya menjadi pribadi yang kaku,tidak sabaran dan tidak bertoleransi.

FirmanNya jelas menangkap saya, "manusia tidak hidup dari roti saja" seakan-akan menjadi firman untuk saya pribadi. Saya mengerti jelas, bahwa saya tidak dapat hidup hanya mencari uang saja, mencari materi saja dan mengabaikan yang lain... karena pasti saya akan mati. Mati secara perasaan, mati secara pribadi, meskipun tubuh masih hidup.

Hari demi hari saya berusaha berbalik, namun jelas itu bukan usaha saya, tapi karena tiap pagi Roh Kudus terus menarik saya untuk berdoa pagi. Kuasa doa itu nyata bagi saya, karena saya tidak akan mampu berbalik tanpa kuasa dari Roh Kudus. Doa pagi, doa pagi dan doa pagi.... itu juga yang ditekankan oleh Tuhan Yesus... "Tidak sanggupkah kalian berjaga satu jam saja?"

Saudara, bila anda membaca ini, ini bukanlah suatu kebetulan...mungkin blog ini hanyalah perpanjanganNya untuk saudara yang dikasihi Tuhan Yesus. Lakukanlah doa pagi untuk keluarga anda, untuk anak anda, untuk istri anda, untuk suami anda... siapa yang mau berdiri menjadi tiang awan dan tiang api untuk keluarganya kalau bukan anda?

2 comments:

HENDRAWCOM said...

halo sore saya dengna pak hendra bisakah berbagi dengan saya untuk doa pagi karena memang saya tidak tahu sama sekali apakah doa pagi itu dan bagaimana caranya

terima kasih
hendra

admin said...

Halo P.Hendra yang dikasihi Kristus, senang bertemu anda, untuk doa pagi Bapak bisa baca pentingnya doa pagi dahulu dan untuk caranya/rumusan doa pagi....tidak ada.

Namun Tuhan Yesus memberi contoh bagaimana berdoa, lihat Doa Bapa Kami. Doakan dengan pelan dan penuh kesadaran bahwa Tuhan Yesus sedang ada di depan anda, hayati setiap kalimatnya.

Contoh yang saya lakukan:
biasanya... Bapa Kami yang ada di surga, dimuliakanlah namaMu

saya tambah dengan kesadaran saya agar saya makin menghayati kalimatnya, seperti...
Bapa Kami yang ada di surga, dikuduskanlah namaMu & dimuliakanlah namaMu ya Tuhan. Ajari aku Bapa untuk menghormatiMu, ajari aku untuk menghargaiMu.

Bisa diteruskan sendiri dengan kata-kata pribadi Bapak Hendra sendiri.

Dalam doa yang penting adalah hati kita yang berpusat pada Allah dan gelora hati kita untuk bertemu denganNya. GBU

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.