Sunday, July 10, 2011

Berikan

Ketika Misa Kudus sedang berlangsung, saya yang duduk dibagian belakang melihat sebuah keluarga yang duduk cuek, tidak peduli dengan orang yang berdiri karena tidak dapat tempat duduk, sedangkan di sampingnya ada tempat duduk kosong.

Saya mulai menghakimi dalam hati, kenapa dia kok cuek ya, kenapa kok tidak disuruh orang yang berdiri untuk duduk di kursi samping mereka yang kosong...dsb dsb... jadi mulai merasa tinggi hati deh. Padahal kalau saya, belum tentu juga melakukan itu...

Dan tiba-tiba saya diingatkan, kenapa sombong? Mudah melihat kesalahan orang lain, padahal kamu dulu juga seperti itu... Saya tidak berpikir apa-apa lagi selain konsen pada Misa aja deh daripada melamun dan berbuat dosa.


Setelah kotbah, saat saya sedang duduk dan beranjak untuk berdiri, tiba-tiba Roh Kudus berbicara jelas pada saya "Berikan"... kaget juga waktu itu, detik itu juga saya melihat seorang ibu menggendong bayi yang sedang berdiri mengikuti Misa, saya mengerti maksudNya. Langsung saya meminta ibu itu untuk duduk di tempat saya dan saya yang berdiri menggantikan posisinya karena yang saya tau menggendong bayi dengan berdiri akan sangat melelahkan apalagi itu didalam Misa yang membutuhkan banyak konsentrasi.

Jujur saja, dengan berdiri memang lebih susah untuk konsentrasi dalam Misa, namun ada sukacita saat hal itu saya lakukan, tapi tentu itu asalnya bukan dari saya, karena pasti lebih nyaman bagi saya untuk mengikuti Misa dengan duduk daripada berdiri dan pikiran ini juga berkata, kalo bawa bayi kenapa tidak datang lebih awal?

Wah...pasti banyak deh kesombongan, alasan ini itu dan dosa yang dapat saya katakan untuk semuanya. Tapi dengan kejadian ini seolah-olah Roh Kudus ingin menyatakan... semua yang baik itu berasal dari Allah, bila saya terdorong berbuat baik dan melakukan perbuatan baik itu juga berasal dari Allah karena keinginan saya sendiri adalah lebih suka kenyamanan.

Bagaimanapun keadaan kita, Roh Kudus selalu setia membimbing kita pada Allah Bapa, yang kita perlukan adalah menjawab panggilanNya.

Saudara, bila suatu saat anda terdorong untuk melakukan suatu kebaikan, jangan tunda, lakukanlah dengan kasih, karena Roh Kudus itu suka melakukan kebaikan dan satu hal yang perlu anda ketahui adalah... bila anda dapat melakukannya itu semua adalah karuniaNya semata.

Semua berasal daripadaNya dan semua ini anugrahNya.
Semua karna anugerahNya
DibrikanNya pada kita
Semua anugrahNya bagi kita
Bila kita dipakainya

Lirik lengkap:
SEMUA KARNA ANUGERAHNYA

Bukan karna kebaikanku
Bukan karna fasih lidahku
Bukan karna kekayaanku
Ku dipilih ku dipanggilnya

Bukan karna kecakapanku
Bukan karna baik rupaku
Bukan karna kelebihanku
Ku dipanggil ku dipakaiNya

Bila aku dapat itu karenaNya
Bila aku punya semua dari padaNya

Semua karna anugerahNya
DibrikanNya pada kita
Semua anugrahNya bagi kita
Bila kita dipakainya

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.